Kamis, 18 Oktober 2012

KATUPAT KANDANGAN


Siapa yang kada tahu lawan katupat kandangan, bilang kaliwaran banar kalau kada tahu. Katupat sudah manjadi cirri khas hagan kandangan selain dodol atau kuliner lainnya. Apalagi wayahni sudah ada tugu hari jadi Kab. HSS yang ibu kotanya Kandangan. Di tugunya ada katupatnya dua biji, sampai anak cucu 7 turunan kada habis tu katupat dimakani barataan. Tugu ni adanya di Desa Hamalau Kec Sungai Raya
Keberadaan Tugu Hari jadi yang menggunakan symbol Katupat Kandangan semakin memperkuat posisi Katupat sebagai kuliner ciri khas dan unggulan dari Kandangan, Hal ini sesuai dengan visi Kabupaten HSS yang Mandiri, Unggul dan Religius. Simbol katupat ini juga ada di Bundaran Jl. H.M Yusi  yang menuju ke Terminal Bus Kandangan.
Ketupat Kandangan atau orang Banjar biasa menyebutnya Katupat Kandangan merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan,Kalimantan Selatan. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras, yang dimasukkan dalam ayaman daun kelapa yang berbentuk seperti limas, yang selanjutnya direbus. Yang membedakan dengan jenis ketupat lainnnya adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan Gabus sebelumnya harus di panggang dulu sebelum direbus menggunakan santan. Kemudian, Ikan Gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dimakan untuk makan pagi, siang atau malam. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih. Kadang-kadang orang juga senang makan katupat kandangan ini dengan telur asin.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "KATUPAT KANDANGAN"